CEGAH INJEKSI MOTOR MACET



    SPESIALENGINE - Salam hangat bro..kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman untuk temen2 rider sekalian khususnya untuk pemakai motor injeksi dan umumnya bagi para rider semua,semakin cepatnya perkembangan teknologi sudah tidak asing lagi untuk motor yang menggunakan sistem fuel injeksi karena hampir dari semua pabrikan sepeda motor dan otomotif sudah mengaplikasikan untuk sistem bahan bakarnya.
    Sebagian orang pada umumnya agak sedikit berpikir untuk beralih dari motor karburator ke sistem injeksi,karena mereka berpikir untuk perawatannya ribet dan takut biayanya mahal,kalau sampai kehabisan bahan bakar nanti langsung rusak dan harus di bawa ke bengkel resmi,dan harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membetulkannya,padahal itu semua tidak benar.Karena sebenarnya jika bahan bakar benar2 kehabisan tinggal kita isi lagi dan off kan kunci kontak dan kita onnkan lagi langsung start lagi sdh oke,tapi kalo keseringan bisa mengakibatkan fuelpump rusak karena fuelpump terus bekerja tanpa ada bahan bakar yang di pompa,dan untuk motor injeksi lebih mudah untuk dihidupkan di segala suhu dingin ataupun panas karena sudah dilengkapi sensor suhu tidak seperti karburator harus di stel ulang di setiap perbedaan suhu lingkungan.
       Perlu bro sekalian ketahui bahwasannya untuk perawatan motor injeksi sebenarnya lebih mudah,murah dan cepat,dan saat service berkala pun juga pengerjaannya lebih cepat,karena sistemnya memang sudah sangat canggih dan menggunakan sistem komputerisasi jadi apapun gejala kerusakannya bisa langsung terdeteksi dan tentunya setiap service berkala tidak perlu harus di bongkar di sistem injeksinya cukup dengan pembersihan dengan cairan khusus/cleaner injektor secara berkala agar injektor tidak mampet,misal di yamaha sudah disiapkan yamaha carbon cleaner walopun itu juga bisa dipakai di semua motor sistem injeksi dengan mencampurkannya dengan bahan bakar ditangki sesuai takaran,otomatis itu nanti membersihkan sistem injeksinya dan juga ke ruang bakarnya  jadi kerak sisa pembakaran pun juga akan berkurang dan tentunya performa motor akan tetap terjaga.
      Selain itu kita juga harus perhatikan jadwal perawatannya biasanya setiap pabrikan sudah menyarankan di buku petunjuk penggunaan sepeda motornya,tapi pada umumnya setiap kurang lebih 9000 km kita harus cek kapasitas penyemprotan injektornya per menit masih standart atau tidak dengan alat khusus(injektor tester) untuk test kapasitas semprotan dan pembersihan injektor,biasanya di bengkel resmi sudah tersedia untuk mengetahui jumlah semprotannya per menit karena itu juga sangat berpengaruh untuk kinerja sistem injeksinya..
INJECTOR TESTER YAMAHA
       Biasanya kalo semprotan injektornya kurang motor terasa tersendat seperti telat bahan bakar,dan lebih parahnya lagi motor mati2,perlu kita perhatikan juga untuk pengisian bahan bakarnya.Jadi memang untuk di sistem injeksi kita bisa lebih hemat untuk pemakain bahan bakarnya karena semua sudah sesuai dengan takaran yang dibutuhkan untuk melakukan pembakaran dan tenaga yang di hasilkan sudah pas,sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang sia2 dan bahan bakar yang di semprotkan melalui lubang2 kecil di injektornya sudah berupa kabut.
     Maka dari itu kita harus perhatikan untuk perawatan injeksi/injektornya agar lubang2 kecilnya tidak mampet/tersumbat karena lebih baik mencegah dari pada nanti saat kita berkendara tiba2 motor kita tersendat atau malah mati mendadak.Jadi untuk mencegah injeksi kita mampet sangatlah mudah hanya saja kita perlu lebih perhatikan lagi untuk jadwal perawatannya dan kita bisa lakukan sendiri misal dengan cairan carbon cleaner yang di campurkan di tangki bahan bakar sperti di atas,semoga sedikit pengalaman untuk mencegah injeksi tersumbat ini bisa membantu bro rider sekalian semoga injektor motor kita tetep aman dan siap gass..salam spesial engine..


Previous
Next Post »