SPESIALENGINE -Pernahkah temen2
sekalian mengalami saat mengendarai motor tiba2 mesin tersendat dan motor
seperti mau mati?lebih2 motor injeksi tentunya lebih was2 karena masih banyak
bengkel yang masih takut untuk utak atik motor injeksi,dan mungkin memang belum
begitu paham dengan sistem fuel injeksi,dan memang untuk sistem fuel injeksi
memerlukan penanganan yang lebih khusus,tetapi pada dasarnya juga sama,kalopun
temen2 belum pernah mengalami tapi temen2 juga harus tau apa saja yang harus
kita cek saat motor injeksi tiba2 tersendat dan mendadak mati.
Berikut beberapa
komponen yang harus kita cek dan cara penanganan yang harus kita lakukan saat
motor injeksi kita mati mendadak ataupun tersendat,tp sebelumnya pastikan bahan
bakar masih ada dan kelistrikan dari aki oke,simak ya..
Pertama coba temen2 cek di bagian busi
ataupun cop businya seringnya untuk type matic cop busi sudah aus jadi gak bisa
menjepit ujung busi dengan sempurna atau malah cop busi terlepas jadi api yang
menuju busi cuma pancaran saja sehingga tidak maksimal kadang tersambung kadang
tidak,biasanya daleman cop busi sudah berjamur sehingga pengapian tidak fokus
dan saat dipakai jalan kadang motor tersendat bahkan mati mendadak,tapi setelah
beberapa saat motor bisa di hidupkan kembali dan saat di buat jalan tiba2
tersendat dan mati mendadak,jika itu yang terjadi saat darurat bisa tekan
kembali cop businya,setelah itu ganti baru cop busi berikut businya,untuk type
busi injeksi biasanya juga khusus menggunakan resistor,jangan sembarangan ganti
busi tanpa resistor kecuali kodisi sangat darurat.
Kedua saat motor mati dan coba untuk
dihidupkan atau distart pake electric starter gak bisa coba temen2 di engkol
pakai kick stater,pastikan saat mengengkol terasa berat kalo saat di engkol
terasa enteng berarti terjadi loss compressi/kompresi motor
hilang,saat kondisi darurat temen2 segera saja lepas busi dan siapkan oli
bekas/sedot oli dari lubang oli mesin ataupun oli bekas sedikit saja(kurang
lebih 2sendok makan)dan masukkan ke lubang busi kemudian engkol kembali sambil
lubang busi di tutup dgn jempol kalo sudah terasa ada tekanan segera pasang
busi dan hidupkan motor,saat motor hidup jangan kaget kalo dari knalpot keluar
asap putih karena itu oli tadi yang ikut terbakar,dan motor siap untuk di gass
lagi.
![]() |
fuelpump(filter sangat kotor) |
Ketiga cek fuel pump/pompa bahan bakar,bisa
juga dari tangki bahan bakarnya kotor ataupun berkarat jadi tekanan fuel
pump/pompa bahan bakar tidak maksimal karena tersumbat kotoran jadi tidak bisa
memompa bahan bakar dengan baik atau lebih parahnya tangki tercampur air jadi
motor kadang2 tersendat kadang juga tdk ada masalah tapi saat terkena guncangan
tiba2 terasa mau mati karena air di tangki tersedot oleh fuel pump tadi,pernah
juga ketika motor selesai diisi bahan bakar tiba2 tersendat dan mati mendadak
karena air tersebut yang terpompa ke injektor sehingga tidak bisa
terbakar,solusinya tangki harus di kuras dan dibersihkan dan juga fuel pump
harus di bersihkan dan ganti filter fuel pumpnya,dan kalo masih tersendat bisa
jadi fuel pump rusak,kalo tangki terisi penuh bahan bakar motor normal dan saat
bahan bakar di tangki separuh motor tersendat mau mati berarti fuel pump rusak
tekanan tidak normal lebih jelasnya cek pakai fuel pump gauge biasanya di
bengkel resmi.
![]() |
injector assy |
Keempat cek injektornya,untuk
pengecekan injektor ini memerlukan alat khusus injector tester karena kalo cuma
kita cek secara manual biasanya injektor tetap bisa menyemprotkan bahan bakar
misal injektor kita lepas dan posisi selang dan socket masih terpasang kemudian
kita onn kan kunci kontak injektor pasti menyemprotkan bahan bakar,tapi kita
tidak tahu berapa cc volume/kapasitas semprotan injektor tersebut,jika
kapasitas semprotan injector kurang dari standar tentu mengakibatkan motor
tersendat bahkan mati mendadak karena suplai bahan bakar ke ruang bakar
kurang,misal standart semprotan per menit untuk mio j 52-54cc dan vixion 70-72
cc jika volume semprotan kurang dari jumlah tersebut maka motor pasti akan
tersendat dan injector harus di cleaning jika sudah di cleaning injector
semprotan yang dihasilkan masih kurang sebaiknya ganti dengan injector
baru,tentunya untuk pengecekan ini hanya bisa di lakukan oleh bengkel resmi
yang sudah memiliki alat injector tester dan cleaner.
Kelima jika indikator injeksi pada
speedometer nyala saat mesin hidup atau saat jalan dan berkedip sehingga motor
tiba2 tersendat maka temen2 harus segera bawa motor temen2 ke bengkel resmi
terdekat karena kemungkinan terjadi abnormal pada sensor tertentu yang
mengganggu kinerja dari sisten injeksi.
Sampai disini dulu
semoga bermanfaat buat temen2 semua khusunya untuk pemakai motor injeksi jika
mengalami hal yang sama di atas segera cek satu persatu dan mudah2an temen2 tidak
takut lagi memakai motor injeksi,semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare dan
ikuti terus,,salam spesial engine.
ConversionConversion EmoticonEmoticon