PERBAIKI SENDIRI MOTOR INJEKSI MATI MENDADAK..!!


     SPESIALENGINE -Pernahkah temen2 sekalian mengalami saat mengendarai motor tiba2 mesin tersendat dan motor seperti mau mati?lebih2 motor injeksi tentunya lebih was2 karena masih banyak bengkel yang masih takut untuk utak atik motor injeksi,dan mungkin memang belum begitu paham dengan sistem fuel injeksi,dan memang untuk sistem fuel injeksi memerlukan penanganan yang lebih khusus,tetapi pada dasarnya juga sama,kalopun temen2 belum pernah mengalami tapi temen2 juga harus tau apa saja yang harus kita cek saat motor injeksi tiba2 tersendat dan mendadak mati.
    Berikut beberapa komponen yang harus kita cek dan cara penanganan yang harus kita lakukan saat motor injeksi kita mati mendadak ataupun tersendat,tp sebelumnya pastikan bahan bakar masih ada dan kelistrikan dari aki oke,simak ya..
   Pertama coba temen2 cek di bagian busi ataupun cop businya seringnya untuk type matic cop busi sudah aus jadi gak bisa menjepit ujung busi dengan sempurna atau malah cop busi terlepas jadi api yang menuju busi cuma pancaran saja sehingga tidak maksimal kadang tersambung kadang tidak,biasanya daleman cop busi sudah berjamur sehingga pengapian tidak fokus dan saat dipakai jalan kadang motor tersendat bahkan mati mendadak,tapi setelah beberapa saat motor bisa di hidupkan kembali dan saat di buat jalan tiba2 tersendat dan mati mendadak,jika itu yang terjadi saat darurat bisa tekan kembali cop businya,setelah itu ganti baru cop busi berikut businya,untuk type busi injeksi biasanya juga khusus menggunakan resistor,jangan sembarangan ganti busi tanpa resistor kecuali kodisi sangat darurat.

   Kedua saat motor mati dan coba untuk dihidupkan atau distart pake electric starter gak bisa coba temen2 di engkol pakai kick stater,pastikan saat mengengkol terasa berat kalo saat di engkol terasa enteng berarti terjadi loss compressi/kompresi motor hilang,saat kondisi darurat temen2 segera saja lepas busi dan siapkan oli bekas/sedot oli dari lubang oli mesin ataupun oli bekas sedikit saja(kurang lebih 2sendok makan)dan masukkan ke lubang busi kemudian engkol kembali sambil lubang busi di tutup dgn jempol kalo sudah terasa ada tekanan segera pasang busi dan hidupkan motor,saat motor hidup jangan kaget kalo dari knalpot keluar asap putih karena itu oli tadi yang ikut terbakar,dan motor siap untuk di gass lagi.
fuelpump(filter sangat kotor)

    Ketiga cek fuel pump/pompa bahan bakar,bisa juga dari tangki bahan bakarnya kotor ataupun berkarat jadi tekanan fuel pump/pompa bahan bakar tidak maksimal karena tersumbat kotoran jadi tidak bisa memompa bahan bakar dengan baik atau lebih parahnya tangki tercampur air jadi motor kadang2 tersendat kadang juga tdk ada masalah tapi saat terkena guncangan tiba2 terasa mau mati karena air di tangki tersedot oleh fuel pump tadi,pernah juga ketika motor selesai diisi bahan bakar tiba2 tersendat dan mati mendadak karena air tersebut yang terpompa ke injektor sehingga tidak bisa terbakar,solusinya tangki harus di kuras dan dibersihkan dan juga fuel pump harus di bersihkan dan ganti filter fuel pumpnya,dan kalo masih tersendat bisa jadi fuel pump rusak,kalo tangki terisi penuh bahan bakar motor normal dan saat bahan bakar di tangki separuh motor tersendat mau mati berarti fuel pump rusak tekanan tidak normal lebih jelasnya cek pakai fuel pump gauge biasanya di bengkel resmi.

injector assy
     Keempat cek injektornya,untuk pengecekan injektor ini memerlukan alat khusus injector tester karena kalo cuma kita cek secara manual biasanya injektor tetap bisa menyemprotkan bahan bakar misal injektor kita lepas dan posisi selang dan socket masih terpasang kemudian kita onn kan kunci kontak injektor pasti menyemprotkan bahan bakar,tapi kita tidak tahu berapa cc volume/kapasitas semprotan injektor tersebut,jika kapasitas semprotan injector kurang dari standar tentu mengakibatkan motor tersendat bahkan mati mendadak karena suplai bahan bakar ke ruang bakar kurang,misal standart semprotan per menit untuk mio j 52-54cc dan vixion 70-72 cc jika volume semprotan kurang dari jumlah tersebut maka motor pasti akan tersendat dan injector harus di cleaning jika sudah di cleaning injector semprotan yang dihasilkan masih kurang sebaiknya ganti dengan injector baru,tentunya untuk pengecekan ini hanya bisa di lakukan oleh bengkel resmi yang sudah memiliki alat injector tester dan cleaner.
     Kelima jika indikator injeksi pada speedometer nyala saat mesin hidup atau saat jalan dan berkedip sehingga motor tiba2 tersendat maka temen2 harus segera bawa motor temen2 ke bengkel resmi terdekat karena kemungkinan terjadi abnormal pada sensor tertentu yang mengganggu kinerja dari sisten injeksi.
  Sampai disini dulu semoga bermanfaat buat temen2 semua khusunya untuk pemakai motor injeksi jika mengalami hal yang sama di atas segera cek satu persatu dan mudah2an temen2 tidak takut lagi memakai motor injeksi,semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare dan ikuti terus,,salam spesial engine.


Newest
Previous
Next Post »