SPESIALENGINE - Hai bro,sedikit cerita motor temen saya mio
j saat buat tarikan awal atau saat tanjakan terdengar bunyi cit cit dan terasa
motor gak mau jalan/selip padahal handel gass sudah di betot abis,tp saat
dilepas gassnya dan coba di buka pelan motor mulai jalan tapi ya gitu beratt
banggett usut punya usut temen saya udah coba bongkar bagian cvtnya di bengkel
dan saat itu juga kondisi vbelt/streng emang udah retak2 juga di bagian roller
juga sudah peyang2 gitu..
Kata si dokter motor itu sich dari situ
permasalahannya dan langsung aja temen saya suruh ganti total roller dan juga
vbelt/streng nya,dan tentunya juga di bersih2 in bagian dalem cvtnya ganti
grease/paslin semua udah bersih langsung pasang,dan gass lagi tuch motor buat
ngabuburit,hehehe...
Setelah beberapa hari di
pakai buat ngantor motor udah agak enakan sich buat dataran oke2 aja semua gak
ada masalah tarikan juga udah mendingan,tapi saat motor di ajak riding ke
gunung(tanjakan) tiba2 terdengar bunyi menggetarkan lagi bro,,lha kaget banget
bunyi cit2 kembali terdengar dan juga motor ga mau jalan broo,gila bener nich
motor selip lagi.
Keesokan harinya kebetulan libur gak
ngantor temen saya langsung aja meluncur ngajak si motor kesayangannya pergi ke
dokter motor tapi beda tempat kebetulan langsung ke bengkel resmi terdekat nah
lohh..dengan harapan penyakit motornya bisa sembuh total tuntas tas,,heheHE,,
Sampainya di sono temen saya langsung
curhat seputar keluhan/penyakit motor kesayangannya ke mbak2 yang
daftar,selesai curhatnya temen saya nungguin antrian dan kebetulan selang 2
motor langsung naik tuch motor,langsung bongkar tuch bagian cvtnya setelah di
bongkar cover cvtnya langsung di eksekusi tuch puly2 nya rumah roller dan juga
puly belakang dan vbeltnya dilepas total,setelah di lepas satu per satu dan di
cek part demi part si dokter/mas mekanik langsung memfonis penyakit si motor
itu berasal dari puly belakang bahasa tekniknya”sleeding secondary sheave”udah aus jadi alur nya sudah gak lurus lagi /membuat alur baru dan di jelaskan juga saat puly
bekerja harusnya proses buka tutup pullynya lancar,tapi karena pullynya udah coak pinnya nyangkut di alur yang udah aus itu
sehingga bukaan pully itu gak maksimal dan jadi selip karena vbelt tdk terjepit dgn sempurna..kondisi yang rusak liat
gambar..
![]() |
Setelah estimasi biaya
temen saya langsung oke tapi yang diganti tentunya dengan kelengkapan pully
belakang(seal2nya,pin/guide,dudukan pernya jg diganti)dan segera dikerjakan
oleh mekaniknya,dan si mio udah ready dan sehat lagi siyap untuk melibas
jalanan,dan benar bro ternyata tarikannya jadi enteng**seperti motor baru
lagi,hehehe,,dan masih penasaran langsung dech si mio diajak naik gunung tapi
bener2 mumpuni dan gak selip sama sekali,jadi kesimpulannya si mio sudah sembuh
dari sakitnya,,
Biar gak penasaran bila brother
mengalami selip pada motor mio j nya bisa langsung eksekusi sendiri
aja,tentunya siapkan kunci T 10,T8
,kunci shock 14,kunci shock 17 dan bongkar cover cvtnya dengan alat2
tersebut setelah cover cvtnya terlepas buka puly depan dan belakang,lepaskan
kampas kopling ganda dan cek kondisinya bila alur pullynya sudah terlihat
aus/seperti coakan segera ganti karena itu yang bikin tarikan nya selip jangan
lupa untuk grease/paslinnya khusus ya biar gak selip,untuk part yang diganti
lebih jelasnya lihat gambar yang bertanda hijau,untuk rumah kampas kopling
ganda(no.25)kalau udah aus/terbakar sebaiknya di ganti sekalian biar tambah
mantabh.
No.15 secondary sleeding sheave(part utama yang
diganti)
No.16 seal secondary 2 pcs
No.17 oring secondary 2pcs
No.18 pin,guide 3pcs
No.20 seat spring,dudukan per(kalo berlubang
ganti)
No.25 rumah kampas kopling ganda(ganti tergantung
kondisi)
Setelah itu rakit kembali kebalikan dari
pembongkaran dan si mio siyap diajak jalan2 dataran maupun tanjakan,selamat
berkarya bro,semoga bisa membantu,salam spesial engine,,
3 komentar
Click here for komentarHabis berapa itu kak?
ReplyHabis berapa mahar nya?
ReplyBang punya saya semua part di cvt baru tapi masih slip juga bunyi cit citan
ReplyApanya ya bang?
ConversionConversion EmoticonEmoticon